News

Urusan Covid Negeri Jiran Terangkat, RI Tak Tutup Kesempatan

Dapatkan promo member baru Pengeluaran HK 2020 – 2021.

Jakarta, CNN Indonesia —

Satuan Tugas ( Satgas ) Penanganan Covid-19 mengucapkan Indonesia tidak menutup kesempatan masuk bagi warga negeri asing yang berasal atau habis bepergian ke Malaysia, Thailand, dan Jepang walaupun belakangan kasus covid-19   di ketiga negeri meningkat.

“Indonesia menerapkan peraturan untuk pelaku perjalanan internasional, ” kata dia kepada CNNIndonesia. com , Jumat (28/5).

Wiku mengatakan untuk perjalanan internasional, pelaku perjalanan mengikuti sejumlah aturan yang telah ditetapkan pemerintah kala memasuki wilayah Indonesia.


Salah satunya pelaku perjalanan harus melaksanakan karantina sesampainya di Indonesia. Sebelum sampai Indonesia, pelaku perjalanan juga harus merancang sejumlah dokumen dan memasukkan pemeriksaan.

“[Menyertakan] Surat sunyi covid-19 3×24 jam pra jam keberangkatan dan swab polymerase chain (PCR) saat kedatangan dan lima hari pasca karantina, ” tambah Wiku.

Akhirnya, peningkatan kasus covid-19 tiba didapati di sejumlah negara tetangga. Malaysia kini memasukkan posisi negara dengan urusan harian tertinggi di Asia Tenggara dengan 7. 857 kasus dan 59 kematian yang terlapor pada Kamis (27/5).

Kemudian Jepang sedang menghadapi gelombang keempat covid-19. Sistem pelayanan kesehatan dalam sana pun mulai kewalahan menghadapi lonjakan pasien. Saat ini Jepang mencatat akumulasi kasus hingga 735 ribu orang.

Tengah peningkatan kasus harian pada Thailand mulai meningkat dalam beberapa pekan belakangan tersebut. Dengan total kasus terkonfirmasi yang mencapai 143 seperseribu kasus, negara tersebut sama melaporkan hingga 5 seperseribu kasus per hari.

(fey/ain)

[Gambas:Video CNN]