News

Tempe Bakal Didaftarkan Jadi Warisan Kuliner Budaya UNESCO

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SDY 2020 – 2021.

Jakarta, CNN Nusantara —

Menteri  Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno melahirkan akan mendaftarkan kuliner tradisional Indonesia,   tempe sebagai warisan kuliner budaya di UNESCO.

“Ini menarik setelah awak mendorong dangdut sebagai intangible cultural heritage , tempe ini menjadi item selanjutnya. Persiapan sudah dilakukan untuk kami masukkan tahun depan, ” membuka Sandi dalam konferensi pers Kemenparekraf, Senin (24/5).

“Sebelumnya sudah tersedia upaya untuk mendaftarkan tempe. Tempe telah ditetapkan siap warisan budaya nasional Indonesia kami mendukung tempe lantaran ukuran sachet sampai sebesar bata. ”


Tempe sachet yang dimaksud Isyarat adalah tempe berukuran mungil. Sebelumnya, Sandi sempat menemukan tempe sachet ini Rekan Wonodri, Semarang. Tempe berukuran kecil ini disebut menjadi inovasi baru untuk mengakali mahalnya harga kedelai saat itu.

Sandi mengungkapkan juga bahwa pendaftaran tempe ke UNESCO ini akan dilakukan di penghujung semester 1 tahun 2021.

“Belajar lantaran rendang, yang sudah menjadi panganan nomor satu dalam banyak media internasional, hendaknya tempe juga menjadi tanda kuliner kita. ”

Sandi berharap penetapan tempe sebagai warisan adat dunia ini akan membabitkan banyak orang, dari pengrajin lokal sampai pengusaha besar.

“Harapan kami, memikirkan tempe ingat Indonesia. ”

“Dengan ditetapkan tempe jadi warisan budaya dunia harapan kita bakal meningkatkan pengembangan produk-produk saduran tempe sebagai produk kuliner kebanggaan bangsa dan akan membawa tempe untuk roadshow dan promosi kuliner ke internasional. ”

(chs)

[Gambas:Video CNN]