News

Survei: 40 Persen Anak Bujang Nilai RI Kurang Demokratis

Info seputar SGP Hari Ini 2020 – 2021.

Jakarta, CNN Indonesia —

Hasil survei  Indikator Politik Indonesia mengungkapkan bahwa sebanyak 40 persen bujang muda menilai bahwa Nusantara menjadi kurang  demokratis saat ini.

Hasil survei ini diperoleh Indikator Politik Indonesia memakai metode random sampling dengan sampel sebanyak 1. 200 responden rentang usia 17 hingga 21 tahun yang dipilih secara acak. Margin of error survei ini kurang lebih sebesar 2, 9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengatakan persentase tersebut lebih tinggi dibandingkan hasil inspeksi dengan pertanyaan serupa yang dilayangkan lembaganya kepada bangsa umum pada beberapa pasar lalu.


“(Survei nasional) 27, 8 persen, (survei anak muda) 40 persen, ” logat Burhanuddin dalam rilis inspeksi Indikator Politik Indonesia yang berlangsung daring, Minggu (21/3).

Dia memaparkan ada 35, 7 persen anak bujang yang menilai bahwa demokrasi di Indonesia tetap pas keadaannya. Sementara itu, bujang muda yang beranggapan Nusantara menjadi lebih demokratis hanya 15, 5 persen.

Sementara sisanya, sebanyak 8, 8 persen budak muda tak menjawab.

Meski begitu, 52, 1 komisi anak muda mengaku cukup puas terhadap pelaksanaan demokrasi di Indonesia. Anak muda yang mengaku sangat tenang hanya 0, 7 tip, kurang puas 36, tujuh persen, tidak puas pas sekali 3, 6 komisi, dan tidak menjawab enam, 9 persen.

Secara umum, Burhanuddin berceloteh, masyarakat Indonesia menilai bahwa demokrasi merupakan sistem tadbir yang terbaik untuk diterapkan di Indonesia.

“76 persen percaya kalau demokrasi walaupun tidak ideal adalah sistem pemerintahan dengan tepat, ” tuturnya.

Sebagai informasi, dalam survei ini, Indikator Kebijakan Indonesia menggunakan metode random sampling dengan sampel sebesar 1. 200 responden rentang usia 17-21 tahun yang dipilih secara acak. Adapun margin of error survei ini agak sebesar 2, 9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

(mts/sfr)