News

Polri Sebut 4 Tangki Balongan Terbakar, Bukan Kilang Minyak

Jackpot hari ini Result SGP 2020 – 2021. Bandung, CNN Indonesia —

Sebesar empat dari 72 tangki di kilang minyak Pertamina  RU VI  Balongan , Indramayu, Jawa Barat, dengan terbakar disebut sudah diisolasi.  

“Empat tangki penampungan masih menyala dan kini sudah pada keadaan diisolasi sehingga dimungkinkan tidak akan menjalar ke tangki lainnya. Upaya pemadaman masih berlangsung, ” cakap Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan, di Jakarta, Selasa (30/3).

Ia mengatakan pemadaman sedang berlangsung dengan mendatangkan tim Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) untuk menolong proses tersebut. Menurutnya, masa ini terdapat 339 masyarakat masyarakat sekitar yang diungsikan ke Komplek Perumahan Bumi Patra.


Polisi pula masih melakukan penyelidikan buat mendalami penyebab kebakaran bergaya tersebut terjadi. Namun demikian, belum ada kesimpulan utuh yang didapatkan oleh pihaknya hingga saat ini.

“Selain mendata target luka dan kerusakan, Puslabfor Polri dan Inafis Polda Jabar terus mencari pasal terjadinya ledakan Tangki. Beserta melakukan penyelidikan atau pulbaket terkait penyebab dari kejadian tersebut, ” tambahnya teristimewa.

Diketahui, kilang minyak adalah fasilitas yang mengolah patra mentah menjadi produk minyak bumi yang bisa langsung digunakan  atau menjadi bahan keluaran lain. Sementara, tangki berlaku sebagai tempat penyimpanan minyaknya.

Kilang patra Balongan  sendiri memiliki total 72 tangki dengan daya total 1, 35 juta kilo liter.

Sementara, Pemangku Gubernur Jawa Barat Undang-undang Ruzhanul Ulum  menyebut bahwa ada tiga dari 72 tangki di Balongan  dengan terbakar, bukan kilang minyaknya.

“Ternyata dengan terbakar ada tiga dari 72 tangki. Itu biar dua tangki lainnya di dalam posisi kosong, atau tidak penuh. Saya sudah dialog dengan pihak Pertamina, tak akan menganggu pasokan BBM ke masyarakat, ” ujarnya, di Indramayu, kemarin.

Di tempat yang serupa, Kepala Badan Pemeliharaan Kesejahteraan Polri Komjen Arief Sulistyanto  akan memberi asistensi  di kajian manajemen sistem ketenteraman kilang minyak.

“Kami akan memberikan asistensi mengkaji bagaimana sistem manajemen pengamanan [kilang] bisa ditingkatkan lagi, ” kata dia.

Sementara itu, Unit Manager Commrel & CSR Pertamina RU VI Balongan Indramayu Cecep Supriyatna mengatakan penyebab kebakaran secara pasti belum dapat diketahui. Namun, kata dia, obor sudah dapat dilokalisasi supaya tidak merambat ke tangki lainnya.

“Sumber kebakaran juga belum dapat diketahui, lantaran hingga saat ini api masih menyala, namun dari laporan diduga disebabkan petir, ” perkataan Cecep.

Padahal, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tak membaca petir di lokasi kilang minyak saat kebakaran terjadi.  

Adapun peristiwa kebakaran yang terjadi pada Senin (29/3) dini hari pukul 00. 45 WIB, berdampak pada lima dukuh meliputi Desa Balongan, Daerah Sukareja, Desa Rawadalem, Desa Sukaurip dan Desa Tegalurung.

Infografis Petaka Tumpahan Patra di Karawang. (Foto: CNN Indonesia/Timothy Loen)

Insiden itu membina 29 orang luka kecil, 14 orang dalam rekognisi, dan enam orang luka berat.

“Para korban yang mengalami luka-luka merupakan penghuni rumah dengan dekat dengan lokasi kejadian. Ada pula korban yang sedang melintas dekat kedudukan ketika terjadi kebakaran, ” kata Cecep.

Wakil Organisator Pusdalops PB BPBD Jawa Barat Hadi Rahmat membicarakan 27 orang korban dengan terdampak  sudah dipulangkan sejak Rumah Sakit Pertamina Balongan. Sementara, tiga orang yang lain masih dirawat.

“Korban luka ringan 27 orang sudah diperbolehkan buat pulang, sisa 3 orang masih dirawat di RS Pertamina Balongan Bumi Patra, ” kata dalam tanda tertulis, Selasa (30/3).

Selain korban luka ringan, Hadi mengatakan bahwa ada enam orang korban luka mengandung yang dirujuk ke Panti Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta.

“Korban luka berat sedang ditangani di RSPP Jakarta, ” ujar Hadi.

Sebanyak 932 warga terdampak  yang berharta pada radius 300 meter dari titik kebakaran diungsikan.   Rinciannya, 220 karakter mengungsi di GOR Komplek Perum Pertamina Bumi Patra, 320 orang di Pendopo Kantor Bupati Indramayu, dan 392 orang di Gedung Islamic Center Indramayu.

(hyg/mjo/yoa/arh)

[Gambas:Video CNN]