News

Nadiem, Eks Bos Gojek dengan Kini Pimpin Kemendikbudristek

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SGP 2020 – 2021.

Jakarta, CNN Nusantara —

Kepala RI  Joko Widodo  ( Jokowi ) tetap mempercayakan eks bos Gojek, Nadiem  Makarim , untuk memimpin Kementerian Pendidikan dan Kultur (Kemendikbud) yang kini  ditambah nomenklatur baru yakni penelitian dan teknologi.

Jokowi  resmi melantik Nadiem  sebagai Menteri Pendidikan, Kultur, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/4) petang.

Diketahui, Presiden Jokowi  telah memutuskan meleburkan Kemenristek  dengan Kemendikbud. Putusan yang disepakati anggota DPR menggunakan rapat paripurna pada 9 April lalu itu kendati memisahkan  Badan Riset serta Inovasi Nasional (BRIN) dengan semula ada di kolong Kemenristek  kini menjadi adat sendiri.


Dengan demikian, Nadiem  yang berusia 36 tahun tersebut masih menjadi menteri termuda dalam Kabinet Indonesia Lulus di bawah kepemimpinan Jokowi-Ma’ruf  Amin.

Semenjak menjabat jadi salah satu pembantu presiden, ia akrab dipanggil dengan sapaan mas menteri.

Selama menjadi Mendikbud, Nadiem  telah mengeluarkan sebesar kebijakan yang kerap disebut dengan julukan Merdeka Melancarkan. Rangkaian kebijakannya  itu  pokok pada pemberian kemerdekaan dalam warga pendidikan agar menghadirkan inovasi baru.

Sebelum ditunjuk Jokowi, Nadiem dikenal sebagai pendiri perusahaan startup di bidang teknologi, Go-jek yang saat itu sudah menjadi decacorn secara nilai valuasi sebesar US$10 miliar.

Nadiem mendirikan Gojek pada 2010 dan memutuskan meninggalkan jabatannya di perusahaan tersebut kala diminta mengepalai Kemendikbud di dalam 2019.

Sebelum Gojek, Nadiem sempat bergerak di sejumlah perusahaan lain. Ia pernah menjadi konsultan di McKinsey & Co, co-founder dan managing director di Zalora Indonesia, & Chief Innovation Officer Kartuku yang kemudian diakuisisi Go-jek.

Semasa belajar, Nadiem banyak bergelut dalam lingkup bisnis dan saat ini menyandar gelar sarjana sejak jurusan Hubungan Internasional pada Brown University dah gelar Master of Business Administration di Harvard Business School, Amerika Serikat.

(fey/kid)

[Gambas:Video CNN]