News

Mesin Tak Berubah, Rossi Terancam Jeblok Lagi

Bonus harian di Keluaran SDY 2020 – 2021. Jakarta, CNN Indonesia —

Valentino Rossi merasa mesin Yamaha M1 yang ditunggangi pada tes MotoGP   Qatar 2021 sama dengan musim lalu.

Rossi yang kini sudah bersama tim Petronas Yamaha Sepang Racing Team masih mendapat motor secara kualitas spesifikasi yang sesuai dengan tim pabrikan Yamaha atau serupa dengan mesin Fabio Quartararo serta Maverick Vinales.

Yamaha membawa sasis baru pada tes MotoGP Qatar 2021 dan Rossi merasa tidak ada memperlawankan dengan motor yang digunakan pada musim lalu dalam dua hari tes dalam Sirkuit Losail. Rossi sedang mengeluhkan daya tarik motor.


“Kami mencoba hal yang berbeda tetapi kami tidak menemukan solusi yang sangat molek, sehingga akhirnya menyulitkan. Ana jelek dalam akselerasi sebab saya tidak memiliki daya cengkeram di belakang, ” terang Rossi.

“Kami menggunakan dua sasis, tetapi kesan saya di dua hari ini mesin ini sama seperti mesin tahun lalu. Ini tidak seperti sasis 2019. Lebih kurang seperti itu, tetapi ketika saya mengendarainya saya merasa sama seperti [motor] 2020, ” lanjutnya.

[Gambas:Video CNN]

Di dalam MotoGP 2020 prestasi Rossi anjlok. Selain dua kali absen lantaran terpapar virus corona, Rossi mengalami lima kali gagal finis. Rossi pun finis di peringkat ke-15 dengan meraih 66 poin. Catatan tersebut adalah yang terburuk sepanjang pekerjaan pembalap gaek itu.

Di hari pertama tes MotoGP Qatar, Rossi berada di urutan ke-14. Sedangkan pada hari kedua, Rossi melorot ke situasi 20. Pada hari kedua, catatan waktu mantan juara dunia itu juga ialah yang terburuk di antara pembalap Yamaha lainnya.

“Tentu posisinya tidak khayali dan catatan waktu kami juga tidak fantastis. Saya merasa tidak nyaman secara motornya, ” kata Rossi.

“Masalahnya ialah saya tidak cukup cepat, jadi sekarang kami harus mengecek data bersama secara tim dan mencoba memakai cara berbeda di ulangan selanjutnya, ” tukasnya dikutip dari Motorsport.  

(nva/nva)