News

Menpora Bantah Penundaan SEA Games 2021 Vietnam

Jackpot hari ini Result SGP 2020 – 2021. Jakarta, CNN Indonesia —

Menteri Pemuda & Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyebut tak akan ada penundaan gelaran  SEA Games 2021 dan bakal tetap diselenggarakan sesuai jadwal semula dalam 21 November sampai dua Desember di Vietnam.

Menpora menyebut sudah meminta kepada Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC) buat berkoordinasi dengan negara-negara peserta lain untuk tidak memurukkan gelaran SEA Games 2021.

“Tidak ada. Tidak ada penundaan SEA Games 2021. Tidak tersedia statement Vietnam seperti tersebut [penundaan]. Saya sudah minta ke Ketua NOC kita untuk berkoordinasi secara negara-negara peserta lain buat tidak menunda itu, ” kata Menpora, Selasa (8/6).


Dikatakan Menpora, datang saat ini tidak ada pernyataan resmi dari Vietnam terkait penundaan SEA Games. Menpora juga meminta biar masyarakat tidak mempercayai isu-isu liar yang beredar dalam media.

“Jadi harus ada pengumuman sah dari tuan rumah. Jika isu, jangan [dipercaya], ” tegasnya.

[Gambas:Video CNN]

Kabar kemungkinan janji SEA Games 2021 menyembul pertama kali di pemberitaan media Vietnam, vietnamnet. vn. Dituliskan bahwa Vietnam bakal menemui tantangan besar masa menyelenggarakan multievent tersebut karena telah terjadi lonjakan peristiwa Covid-19 di negara itu.

SEA Games 2021 diprediksi bakal menghadirkan sekitar ribu tamu sebab seluruh ASEAN ke Vietnam. Kementerian Kebudayaan, Olahraga, serta Pariwisata sampai saat itu masih mempertimbangkan kepastian penyelenggaraan SEA Games 2021 berdasarkan kondisi terkini.

“Lagipula Olimpiade yang tingkat negeri saja jalan, lalu PON [Pekan Olahraga Nasional] dalam Indonesia yang pesertanya 34 Provinsi saja jalan, kudu bisa mencontoh dong. PON pesertanya lebih banyak lho, ” ucap Amali.

“Jika PON ditunda, agenda di 2022 sudah menanti, jadi mepet. Pada 2022 kita sudah tersedia Asian Games. Tidak kira-kira bertabrakan seperti itu. Berarti kalau itu ditunda kudu dilewati. Langsung 2023, ” tutupnya.

(TTF/nva)