News

Gibran Ancam Copot Lurah Terkebat Pungli Zakat Fitrah

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SGP 2020 – 2021.

Solo, CNN Indonesia —

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka marah dan mengancam pemecatan terhadap   lurah yang terlibat menodong pungutan liar ( pungli ) berkedok zakat derma. Gibran sudah mendapat petunjuk tersebut dari warga.

Laporan yang dimaksud yakni terkait pemungutan derma oleh perlindungan masyarakat (linmas) Kelurahan Gajahan. Linmas tersebut diketahui membawa surat yang ditandatangani Lurah Gajahan, Suparno.

Surat tersebut berkop Paguyuban Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kelurahan Gajahan. Dalam surat, pengelola langgar, pengusaha, pemilik toko/kios dengan berada di Kelurahan Gajahan diminta memberi sedekah serta zakat fitrah untuk 22 anggota Satlinmas Kelurahan Gajahan.


Gibran menegaskan bakal menindak tegas Suparno jika terbukti melakukan pungutan garang berkedok zakat fitrah buat linmas.

“Sudah tidak pantas jadi lurah lagi. Jika terbukti lupa akan langsung saya copot, ” kata Gibran, Sabtu (1/5).

Kasus tersebut, kata Gibran, langsung ditangani setelah laporan dari warga diterima pada Jumat malam (30/4). Ia selalu mengutip Surat Edaran (SE) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nomor 13 tahun 2021 tentang Pencegahan Korupsi dan Pengendalian Gratifikasi Terkait Hari Raya.

“Mengacu pada poin ke-4, tersebut jelas-jelas menyalahi aturan, ” katanya.

Poin yang dimaksud melarang permohonan dana ataupun dengan sebutan lain oleh penyelenggara negara baik secara individu maupun mengatasnamakan pranata daerah kepada pihak asing. Perbutan tersebut, menurut SE KPK No. 13 tahun 2021 berimplikasi kepada aksi pidana korupsi.

“Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kejadian yang kurang nyaman ini. Pertama untuk warga Gajahan Pasar Kliwon, ” katanya.

Sejauh ini Lurah Gajahan, Suparno belum menganjurkan keterangan terkait dugaan pungli itu.

(syd/bmw)

[Gambas:Video CNN]