Daftar Wilayah di Jakarta yang Wujud Internet WiFi Gratis

News

Daftar Wilayah di Jakarta yang Wujud Internet WiFi Gratis

Jakarta, CNN Indonesia —

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyatakan warga Ibu Kota bisa menikmati akses  internet gratis di banyak ruang publik untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Caranya, masyarakat harus mengunduh aplikasi JAKI untuk mengetahui lokasi internet atau WiFi gratis tersebut.

Akses internet gratis itu bisa diketahui dengan membuka fitur JakWifi yang ada di aplikasi JAKI. Aplikasi JAKI sendiri bisa diunduh di Google Play serta App Store.

Berdasarkan pengalaman CNNIndonesia. possuindo , fitur JakWifi sejatinya berguna untuk mengetahui lokasi akses web gratis yang disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta.



Di dalam fitur itu, aplikasi akan memberitahu sejumlah lokasi yang akses internet gratis di dalam radius sekitar 2 kilometer. Hampir seluruh fasilitas itu ditempatkan di ruang publik.

Jakarta Smart City selaku pengelola JAKI juga mengimbau pengguna fitur JakWifi untuk melapor lewat fitur Lapor yang ada di dalam aplikasi JAKI jika menemui kendala dan diklaim akan segera ditindaklanjuti petugas yang ada di sekitar lokasi tersebut.

Berdasarkan data yang diterima CNNIndonesia. com , jumlah internet gratis yang disediakan oleh Pemprov DKI tersebar di 4. 956 titik. Secara rinci, Jakarta Pusat sebanyak 1. 953; Jakarta Selatan sebanyak 1. 431; Jakarta Barat sebanyak 652; Jakarta Timur sebanyak 458; Jakarta Utara sebanyak 447; dan Pulau Seribu sebanyak 15.

Dari data itu, internet gratis ditempatkan pada sejumlah tempat seperti sekolah, kantor kelurahan, kantor wali kota serta kabupaten, kantor kecamatan, taman, dan RPTRA. Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi dan aplikasi Molecool juga menyediakan internet gratis bagi masyarakat DKI.

Di dalam fitur itu, pengembang aplikasi juga memberikan tips aman dalam menggunakan Wi-fi gratis. Misalnya, masyarakat disarankan menanyakan nama jaringan kepada pihak pengelola, misalnya petugas RPTRA sebelum menyambung ke jaringan WiFi.

Selain itu, pengembang menyarankan masyarakat untuk menghindari aplikasi atau situs web yang menyimpan atau memasukkan data pribadi yang sensitif, misalnya aplikasi perbankan.  

Berikut daftar lengkap wilayah yang menyediakan Wifi  tidak bermodal di Jakarta:

1. Jakarta Selatan bisa diklik di sini.

2. Jakarta Barat bisa diklik di sini.

3. Jakarta Utara bisa diklik di sini.

4. Jakarta Timur bisa diklik di sini.

5. Jakarta Pusat bisa diklik di sini.

six. Kepulauan Seribu bisa diklik di sini.

(jps/DAL)

[Gambas:Video CNN]