Cara Tetap Bugar saat Libur Natal dan Tahun Baru

News

Cara Tetap Bugar saat Libur Natal dan Tahun Baru

Info seputar HK Hari Ini 2020 – 2021.

Jakarta, CNN Indonesia —

Libur akhir tahun saat Natal dan tahun baru kali tersebut berlangsung di tengah pandemi Covid-19. Oleh karena itu, penting untuk Anda untuk tetap sehat mengelola kebugaran.

Jangan datang liburan kesempatan ini justru membuat Anda jatuh sakit di tahun dengan baru. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk tetap bugar selama liburan.

1. Olahraga

Dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, Deta Tanuwidjaja menjelaskan, olahraga merupakan satu demi satu cara yang dapat dilakukan buat meningkatkan kebugaran.


“Tidak ada jalan asing. Mau enggak mau harus gerak untuk meningkatkan kebugaran. Biar berpengaruh melakukan aktivitas dalam jangka masa yang lama, itu bugar, ” kata Deta kepada CNNIndonesia. com , beberapa periode lalu.

Deta mengusulkan agar setiap orang dapat menyediakan waktu 30 menit untuk berolahraga aerobik di masa liburan kali ini. Setiap orang direkomendasikan buat olahraga aerobik 3-5 kali seminggu dengan intensitas ringan hingga sedang. Olahraga aerobik yang bisa dilakukan adalah berjalan, berlari, dan bersepeda.

2. Makan dengan teratur

Pastikan untuk selalu makan yang teratur semasa berlibur. Makan merupakan sumber nutrisi dan tenaga untuk menjaga awak tetap sehat dan bugar.

Selain makan yang teratur, perhatikan pula asupan makanan kurun karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin. Meski sedang libur, jaga bagian makanan agar tak berlebihan.

“Tidak masalah makan burger atau pizza, tapi sesuai dengan asupan karbohidrat yang dibutuhkan. Misalnya burger, sudah ada roti untuk karbohidrat, lalu warga, tinggal tambahkan sayuran lebih banyak, jadi makanan lengkap, ” kata Deta.

3. Istirahat yang cukup

Saat liburan pastikan juga untuk rebah yang cukup. Orang dewasa disarankan untuk beristirahat 7-9 jam sehari. Tidur yang cukup membantu meluluskan tenaga dan tetap fokus di dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

4. Kelola tekanan

Meski sedang pandemi, berlibur tentu merupakan waktu untuk bersenang-senang. Kelola stres Anda dengan melakukan sejumlah aktivitas yang menyenangkan bersama tanggungan saat berada di rumah.

Stres yang tinggi dapat memperburuk kesehatan mental dan memajukan risiko sejumlah penyakit.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]